Minggu, 16 Juni 2013

Beberapa Info Tentang Ketombe dan Solusinya

Ketombe merupakan masalah umum yang sering dihadapi oleh sebagian besar orang disekitar kita, atau malah kita sendiri. Ketika kulit kepala mengering dan mulai mengelupas, itulah yang menjadi sumber dari ketombe yang bertebaran. Dalam beberapa kasus, kulit kepala menjadi sangat gatal sehingga membuat kita ingin menggaruk dan menggaruk sehingga membuat keadaan semakin parah. Meskipun hal ini berkaitan dengan kulit kepala yang kering, yang sering terjadi malah ketombe di rambut muncul pada orang-orang yang memiliki jenis kulit yang berminyak.

Di sini kita akan membahas mengenai beberapa perawatan rambut yang bisa mengurangi ketombe. Sayangnya tidak ada solusi permanen terhadap masalah ketombe ini, tetapi ada beberapa metoda di mana Anda dapat mengurangi atau mengendalikan pemunculan ketombe ini.

Penggunaan shampo dan cara keramas.

Penggunaan shampo dua kali sehari merupakan cara yang efektif dalam kasus ketombe ringan. Pastikan untuk memulai dengan pengunaan obat anti ketombe yang berdosis ringan terlebih dahulu. Penggunaan obat anti ketombe yang keras malah akan membuat kulit kepala menjadi kering dan jika terlalu banyak dapat menyebabkan iritasi. Hal itu tidak akan menuntaskan masalah Anda, jadi cobalah dari penggunaan shampoo anti ketombe yang ringan terlebih dahulu.
Pemilihan shampo harus dengan penuh perhatian. Pilih salah satu yang paling cocok untuk jenis rambut Anda.  Jika Anda tidak bisa memastikan jenis shampo yang cocok, dapat dilakukan dengan metoda uji coba. Setelah Anda menghabiskan satu botol shampo akan terlihat mana yang cocok untuk Anda. Setelah Anda mengetahui shampo anti ketombe yang paling cocok untuk rambut Anda, gunakan secara teratur, sehingga ketombe tidak dapat muncul kembali. Bila menggunakan shampo anti ketombe, sebaiknya busa dan bilas dua kali. Busa yang pertama akan membantu dalam membersihkan rambut dan kulit kepala. Yang kedua, diamkan sejenak sambil melakukan pijatan ringan pada kulit kepala untuk membantu peresapan obat anti ketombe yang terkandung dalam shampo.

Pemberian Nutrisi dan Vitamin yang tepat.

Jika Anda menderita ketombe yang parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit. Diet juga dapat memberikan peran penting dalam beberapa kasus yang sering terjadi. Anda perlu melakukan diet sehat yang kaya vitamin, mineral, asam lemak, dll yang dibutuhkan untuk menjaga rambut dan kulit kepala yang sehat. Nutrisi alami yang tepat dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala Anda. Vitamin B6 dapat membantu mengurangi sebagian besar ketombe. Demikian juga tidur teratur yang cukup dan menghindari stress dapat membantu menjaga kondisi kulit kepala Anda tetap sehat sehingga mengurangi kemungkinan timbulnya ketombe.

Reaksi alergi tertentu dapat juga menyebabkan ketombe. Mungkin debu, polusi dari lingkungan atau makanan yang Anda konsumsi dapat menimbulkan rekasi alergi berupa ketombe. Jika demikian, hindari makan yang memicu reaksi alergi yang menyebabkan timbulnya ketombe.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Greenangelica.biz | Bloggerized by Kiosasyik.com