Minggu, 09 Juni 2013

Mengatasi Rambut Rontok dengan Pijatan

Pernahkah terbayang pada beberapa bagian kepala Anda muncul ‘peta’ kulit kepala yang tidak berambut lagi? Keadaan demikian pasti akan mengganggu penampilan bahkan sekaligus dapat menghilangkan rasa percaya diri. Memperlakukan rambut dengan tidak wajar (hair abuse) dapat merapuhkan akar rambut. Pemakaian produk-produk perawatan dan penataan rambut yang mengandung bahan kimia, serta pola makan yang kacau pun dapat menjadi pemicu bergugurannya helai-helai rambut. Jika hal ini tidak dicegah, bisa mengarah pada kebotakan.

Ada beberapa hal yang menyebabkan rambut rontok, di antaranya gangguan keseimbangan hormon, pemakaian shampoo yang terlalu keras, pola makan yang tidak sehat, keracunan makanan dan obat (misalnya obat kanker), kekurangan nutrisi (seperti kalsium, magnesium, dan protein), maupun stress.

Pada saat stress, otot-otot di kulit kepala cenderung mengerut (berkontraksi). Kontraksi otot yang terjadi di sekeliling folikel akan mengakibatkan aliran darah berkurang sehingga pasokan oksigen dan zat gizi lainnya ke akar rambut menjadi berkurang.

Ada beberapa cara untuk mengatasi kerontokan rambut. Mulai dari memilih shampoo yang tepat, yang terbuatdari bahan-bahan alami yang mengandung minyak kelapa atau minyak zaitun. Yang berfungsinya adalah untuk melembabkan kulit kepala dan rambut. Cara lain adalah menghindari stress dengan relaksasi, bisa melakukan meditasi, yoga, tai chi, maupun pijatan. Pijatan yang baik merupakan salah satu cara mudah dan murah untuk mengatasi kerontokan rambut.  Biasanya  memijat kepala dengan menggunakan minyak-minyak esensial, atau pijatan pada saat keramas.

Cara memijat kulit kepala.

Pijatan pada kulit kepala dapat melancarkan peredaran darah ke kulit kepala dan akar rambut. Kegiatan ini selain dapat meningkatkan fungsi otak, juga akan merangsang pertumbuhan rambut. Lakukan pemijatan 5-10 menit setiap hari.

Pijatan pada kulit kepala dapat dilakukan seperti berikut:
  1.  Gunakan ujung-ujung jari tangan Anda. Posisikan jari-jari seolah-olah Anda sedang memegang bola kecil. Berhati-hati bila kuku jari panjang, jangan sampai melukai kulit kepala Anda. Tekan dengan lembut jari-jari dengan gerakan memutar.
  2.  Untuk merangsang folikel rambut, tarik-tarik akar rambut dengan lembut, di seluruh bagian kepala.
  3.  Ketuk-ketuk kulit kepala dengan ringan dengan kepalan tangan.
  4.  Tekan jari Anda mulai dari arah kening (ambil dari tengah-tengah alis kebelakang hingga ubun-ubun) secara perlahan dengan gerakan memutar kecil.
  5. Terakhir bilas rambut Anda dengan air hangat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Greenangelica.biz | Bloggerized by Kiosasyik.com